Jumat, 05 April 2013

Pola Hidup Sehat 'Tuk Penderita Diabetes

A. Pengertian
Diabetes adalah suatu penyakit dimana tubuh tidak dapat menghasilkan insulin (hormon pengatur gula darah) atau insulin yang dihasilkan tidak mencukupi atau insulin tidak bekerja dengan baik.

Diabetes terbagi 2 jenis, yakni :
  • Diabetes Tipe 1
  • Diabetes Tipe 2
Apakah Diabetes 1 ?
Diabetes tipe 1, terjadi karena sel-sel pankreas yang memproduksi insulin dirusak oleh sistem pertahanan tubuh  kita sendiri. Karena kerusakan tersebut, hormon insulin tidak dapat diproduksi lagi. Umumnya, diabetes tipe 1 terjadi pada usia yang lebih muda ( umumnya < 40 tahun). Untuk bertahan hidup, penderita diabetes tipe 1 perlu suntikan insulin secara teratur sepanjang hidupnya.

Apakah Diabetes 2 ?
Diabetes tipe 2 terjadi karena insulin yang diproduksi tidak dapat bekerja dengan baik. Penyebabnya bisa karena produksi insulin tidak cukup atau cacat atau sel tidak sensitif lagi dengan insulin. Hal ini cenderung timbul di usia 30-40 tahun dan angka kejadiannya meningkat seiring bertambahnya umur.

B. Mencegah Diabetes
Berikut makanan yang bisa dikonsumsi untuk mencegah penyakit diabetes :
  • Konsumsi daging organik
  • Ikan air dingin yang kaya minyak
  • Buah dan sayur
  • Teh hijau
Sedangkan untuk olahraga bagi penderita diabetes sebaiknya yang memiliki nilai aerobik tinggi seperti jalan cepat, jogging, senam aerobik, renang dan bersepeda dan latihan beban. Frekuensi, intensitas dan durasi olahraga bagi penderita diabetes prinsipnya tidak berbeda dengan orang sehat yakni 3-5 kali seminggu. Khusus bagi penderita yang cukup parah, sebaiknya memilih olahraga yang cukup ringan dan tidak terlalu banyak benturannya misalnya bersepeda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar