Sistem Informasi Manufaktur (MRP)
Komputer
dalam manufaktur
Manajemen
manufaktur menggunakan computer baik sebagai sistem konseptual maupun sebagai
elemen dalam sistem produksi fisik. CAD, CAM dan robotic semuanya menggambarkan
cara menggunakan computer dalam sistem fisik. Evolusi computer sebagai suatu
sistem manufaktur konseptual paling mudah dilihat dalam bidang persediaan.
Model
MRP
v Subsistem
Input
Ø SIA,
yang menjelaskan penggunaan sumber daya fisik
Ø Industrial
Engineering, yang menyediakan standar produksi
Ø Intelejen
Manufaktur, yang menyediakan informasi untuk mengetahu perkembangan serikat
pekerja dan pemasok
v Subsistem
Ouput
Ø Produksi,
memungkinkan manajemen membangun dan mengoperasikan fasilitas manufaktur
Ø Persediaan,
yang menentukan kapan melakukan pesanan kembali beserta jumlah pesanannya.
Ø Kualitas,
untuk mencapai kualitas produk yang diinginkan dengan memantau arus material
Ø Biaya,
mengendalikan biaya kegiatan produksi dengan melalui feedback informasi.
Sistem Informasi Pemasaran (MKIS)
Konsep
MKIS ( Phillip Kotler)
v Intelejen
pemasaran, informasi yang mengalir dari perusahaan ke lingkungan
v Informasi
pemasaran intern, informasi yang dikumpulkan di dalam perusahaan
v Komunikasi
pemasaran, informasi yang mengalir keluar dari perusahaan ke lingkungan
Model
MKIS
v Subsistem
output
Ø Produk,
menyediakan informasi produksi perusahaan
Ø Tempat,
menyediakan informasi jaringan distribusi perusahaan
Ø Promosi,
menyediakan informasi kegiatan periklanan perusahaan dan penjualan langsung
Ø Harga,
menyediakan informasi untuk membuat keputusan harga
Ø Bauran
terintegrasi, menyediakan informasi untuk mengembangkan strategi berdasarkan
dampak gabungan dari unsure-unsur di atas
v Database
Data yang digunakan oleh subsistem ouput
berasal dari database.
v Subsistem
input
Ø SIA,
mengumpulkan data yang menyajikan data transaksi pemasaran perusahaan
Ø Intelijen
Pemasaran, mengumpulkan informasi dari lingkungan perusahaan yang berkaitan
dengan informasi perusahaan
Ø Penelitian
Pemasaran, melakukan penelitian untuk mengetahui kebutuhan konsumen
Tidak ada komentar:
Posting Komentar