Rabu, 17 Oktober 2012

Sistem Informasi Organisasional ( Part 1)


      Sistem Informasi Manufaktur (MRP)

Komputer dalam manufaktur
Manajemen manufaktur menggunakan computer baik sebagai sistem konseptual maupun sebagai elemen dalam sistem produksi fisik. CAD, CAM dan robotic semuanya menggambarkan cara menggunakan computer dalam sistem fisik. Evolusi computer sebagai suatu sistem manufaktur konseptual paling mudah dilihat dalam bidang persediaan.

Model MRP
v  Subsistem Input
Ø  SIA, yang menjelaskan penggunaan sumber daya fisik
Ø  Industrial Engineering, yang menyediakan standar produksi
Ø  Intelejen Manufaktur, yang menyediakan informasi untuk mengetahu perkembangan serikat pekerja dan pemasok
v  Subsistem Ouput
Ø  Produksi, memungkinkan manajemen membangun dan mengoperasikan fasilitas manufaktur
Ø  Persediaan, yang menentukan kapan melakukan pesanan kembali beserta jumlah pesanannya.
Ø  Kualitas, untuk mencapai kualitas produk yang diinginkan dengan memantau arus material
Ø  Biaya, mengendalikan biaya kegiatan produksi dengan melalui feedback informasi.

      Sistem Informasi Pemasaran (MKIS)
Konsep MKIS ( Phillip Kotler)
v  Intelejen pemasaran, informasi yang mengalir dari perusahaan ke lingkungan
v  Informasi pemasaran intern, informasi yang dikumpulkan di dalam perusahaan
v  Komunikasi pemasaran, informasi yang mengalir keluar dari perusahaan ke lingkungan

Model MKIS
v  Subsistem output
Ø  Produk, menyediakan informasi produksi perusahaan
Ø  Tempat, menyediakan informasi jaringan distribusi perusahaan
Ø  Promosi, menyediakan informasi kegiatan periklanan perusahaan dan penjualan langsung
Ø  Harga, menyediakan informasi untuk membuat keputusan harga
Ø  Bauran terintegrasi, menyediakan informasi untuk mengembangkan strategi berdasarkan dampak gabungan dari unsure-unsur di atas
v  Database
Data yang digunakan oleh subsistem ouput berasal dari database.
v  Subsistem input
Ø  SIA, mengumpulkan data yang menyajikan data transaksi pemasaran perusahaan
Ø  Intelijen Pemasaran, mengumpulkan informasi dari lingkungan perusahaan yang berkaitan dengan informasi perusahaan
Ø  Penelitian Pemasaran, melakukan penelitian untuk mengetahui kebutuhan konsumen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar