Rabu, 17 Oktober 2012

SIA dan SIM


1.      Sistem Informasi Akuntansi

SIA lebih berorientasi pada data daripada informasi dan sebagian besar datanya bersifat historis. Walau SIA berorientasi pada data, namun SIA juga menyediakan informasi. Selain itu, SIA juga menyediakan database yang berfungsi sebagai dasar subsistem CBIS lain.

Pengolahan data adalah manipulasi atau transformasi symbol-simbol yang bertujuan untuk meningkatkan fungsi penggunaannya. Tujuan pengolahan data perusahaan dilakukan oleh SIA yang mengumpulkan data dan menjadikannya informasi yang diperuntukkan bagi pihak intern / ekstern perusahaan.

SIA melakukan tugas-tugas pengolahan data sebagai berikut :
v  Pengumpulan data
Sistem menjelaskan setiap tindakan internal dan lingkungan perusahaan.
v  Manipulasi data
Proses manipulasi data, adalah sebagai berikut :
ü  Pengklasifikasian
ü  Pengurutan ( Sorting )
ü  Penghitungan
ü  Pengikhtisaran
v  Penyimpanan data
File diintegrasikan secara logis untuk membentuk sebuah database.
v  Penyiapan dokumen
SIA menghasilkan suatu output di mana output tersebut dapat dipicu dengan dua cara, yakni :
ü  Oleh suatu tindakan. Output yang terjadi jika sesuatu terjadi
ü  Oleh jadwal waktu. Output yang terjadi pada waktu tertentu

Karakteristik SIA :
v  Melaksnakan tugas yang diperlukan
v  Berpegang pada prosedur yang relative standar
v  Menangani data yang rinci
v  Berfokus historis
v  Menyediakan informasi pemecahan minimal

Contoh SIA :
Pada sistem bisnis distribusi. Diperlukan beberapa subsistem seperti berikut :
v  Sistem yang memenuhi pesanan pelanggan
v  Sistem yang melaksanakan proses buku besar
v  Sistem yang memesan kembali persediaan

2.      Sistem Informasi Manajemen

SIM adalah suatu sistem berbasis computer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai yang berkebutuhan serupa. Tujuan SIM ialah menyediakan informasi umum untuk semua manajer / subunit dalam perusahaan.

Konsep Sistem Informasi Organisasional
EIS yang membawahi sistem informasi pemasaran, sistem informasi manufaktur, sistem informasi keuangan, sistem informasi SDM dan sistem informasi sumber daya informasi.

Peranan SIM dalam mengatasi masalah
SIM dan subsistem organisasinya berkontribusi pada pemecahan masalah dengan dua cara dasar yakni :
v  Sumber daya informasi seorganisasi
v  Identifikasi dan pemahaman masalah

Sayangnya, kelemahan utama SIM adalah SIM jarang menyediakan informasi yang tepat untuk menyelesaikan masalah saat masalah teridentifikasi karena SIM tidak mengarah khusus pada masalah perorangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar