1. Sistem Informasi Akuntansi
SIA
lebih berorientasi pada data daripada informasi dan sebagian besar datanya
bersifat historis. Walau SIA berorientasi pada data, namun SIA juga menyediakan
informasi. Selain itu, SIA juga menyediakan database yang berfungsi sebagai
dasar subsistem CBIS lain.
Pengolahan
data adalah manipulasi atau transformasi symbol-simbol yang bertujuan untuk
meningkatkan fungsi penggunaannya. Tujuan pengolahan data perusahaan dilakukan
oleh SIA yang mengumpulkan data dan menjadikannya informasi yang diperuntukkan
bagi pihak intern / ekstern perusahaan.
SIA
melakukan tugas-tugas pengolahan data sebagai berikut :
v Pengumpulan
data
Sistem menjelaskan
setiap tindakan internal dan lingkungan perusahaan.
v Manipulasi
data
Proses manipulasi data,
adalah sebagai berikut :
ü Pengklasifikasian
ü Pengurutan
( Sorting )
ü Penghitungan
ü Pengikhtisaran
v Penyimpanan
data
File diintegrasikan
secara logis untuk membentuk sebuah database.
v Penyiapan
dokumen
SIA menghasilkan suatu
output di mana output tersebut dapat dipicu dengan dua cara, yakni :
ü Oleh suatu tindakan.
Output yang terjadi jika sesuatu terjadi
ü Oleh jadwal waktu.
Output yang terjadi pada waktu tertentu
Karakteristik
SIA :
v Melaksnakan
tugas yang diperlukan
v Berpegang
pada prosedur yang relative standar
v Menangani
data yang rinci
v Berfokus
historis
v Menyediakan
informasi pemecahan minimal
Contoh
SIA :
Pada
sistem bisnis distribusi. Diperlukan beberapa subsistem seperti berikut :
v Sistem
yang memenuhi pesanan pelanggan
v Sistem
yang melaksanakan proses buku besar
v Sistem
yang memesan kembali persediaan
2. Sistem Informasi Manajemen
SIM
adalah suatu sistem berbasis computer yang menyediakan informasi bagi beberapa
pemakai yang berkebutuhan serupa. Tujuan SIM ialah menyediakan informasi umum
untuk semua manajer / subunit dalam perusahaan.
Konsep
Sistem Informasi Organisasional
EIS
yang membawahi sistem informasi pemasaran, sistem informasi manufaktur, sistem
informasi keuangan, sistem informasi SDM dan sistem informasi sumber daya
informasi.
Peranan
SIM dalam mengatasi masalah
SIM
dan subsistem organisasinya berkontribusi pada pemecahan masalah dengan dua
cara dasar yakni :
v Sumber
daya informasi seorganisasi
v Identifikasi
dan pemahaman masalah
Sayangnya,
kelemahan utama SIM adalah SIM jarang menyediakan informasi yang tepat untuk
menyelesaikan masalah saat masalah teridentifikasi karena SIM tidak mengarah
khusus pada masalah perorangan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar